Test Footer

Wednesday 28 September 2011


City Of Ennovation


Sentul City, sebuah kota mandiri diwilayah Kabupaten Bogor yang mulai dikembangkan sekitar tahun 1993 dengan lahan yang bisa di kuasai sesuai izin lokasi adalah seluas 3100 hektar dengan tujuan menjadikan Sentul City sebagai Urban Development Project terbesar dan ekslusif di selatan kota Jakarta.
Berada diketinggian rata-rata 300 M diatas permukaan laut, Sentul City merupakan kawasan hijau dengan 65% areanya merupakan area hijau. Dengan demikian selain bebas banjir, Sentul City mempunyai kualitas lingkungan yang bersih dan sangat menyehatkan.



Faktor Topografi ini semakin hari semakin bernilai tinggi karena selain mempunyai suhu rata-rata yang relatif sejuk, juga terbebas dari bencana banjir, sehingga pengembangan hunian dan fasilitas lainnya lebih terjamin. Selain itu juga potensi pengembangan aspek wisata menjadikan nilai tambah yang ada semakin baik.
Repositioning yang diluncurkan  pada tahun 2009 dengan mengusung konsep The City of Ennovation dengan 4 (empat)  pilar pengembangan telah memperlihatkan kemajuan yang significant. Empat pilar pengembangan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Eco City : yaitu pengembangan kota  yang mengacu pada keselarasan lingkungan sekitarnya dengan mengusung konsep Green Property.
  • Education & Knowledge City : yaitu pengembangan fasilitas pendidikan formal dan non-formal yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Fasilitas pendidikan ini dimulai dari jenjang Play Group hingga perguruan tinggi.
  • Entertainment & Destination City : yaitu pengembangan kawasan wisata dan komersial terpadu, termasuk fungsi akomodasi didesain untuk menjadi tujuan wisata sekaligus fasilitas kota yang bertaraf International.
  • Art & Culture City : yaitu pengembangan aspek seni dan budaya, melalui penyediaan sarana dan prasarana untuk tempat pertunjukan kebudayaan dan tempat-tempat yang bernuansa traditional.



Kegiatan operasional Perseroan mulai dilakukan pada bulan September 1993, yang dilanjutkan dengan pembangunan perumahan dan infrastruktur pada bulan januari 1994. Perencanaan pengembangan Sentul City dibagi menjadi 3 (tiga), di mana proyek yang baru dijalankan sampai saat ini adalah Tahap seluas 1.510 ha di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Perseroan memperoleh ijin lokasi seluas 3.100 ha sampai dengan tanggal 31 Desember 2008, jumlah luas lahan yang sudah dibeli dan dibebaskan oleh perseroan untuk pengembangan adalah seluas 2.796,16 hektar.

Sebagai perusahaan yang bertujuan membangun Kota Mandiri Terpadu Kawasan Permukiman dan Resor, Perseroan telah mempersiapkan beberapa infrastruktur maupun fasilitas unik yang merupakan pelengkap dan daya tarik bagi konsumen, yaitu :



  • Pintu Tol Sentul Selatan, yang memberikan akses langsung untuk mencapai dan keluar dari Kota Mandiri Sentul City, dapat dicapai melalui Tol  Jagorawi secara langsung, baik dari arah Jakarta maupun Bogor. Dalam waktu dekat akses ini juga akan menjadi lintasan warga Bogor yang bekerja di Jakarta melalui tol Bogor Ring Road yang rencananya akan beroperasi pada awal tahun 2009 dan akan dilalui 23.000 kendaraan per hari. 

  • Perseroan memiliki infrastruktur makro strategis kelas satu seperti jaringan PDAM Kabupaten Bogor sebagai sarana utama pasokan air minum ke kawasan Sentul City, yang selama ini dipasok oleh Water Treatment Plant.

  • Sentul City menjadi tempat rekreasi dan pemukiman dengan suasana alam pegunungan yang memilki keunggulan -keunggulan, seperti 65% arealnya merupakan ruang terbuka hijau, pemandangan 5 gunung / bukit, adanya hutan lindung Gunung Pancar seluas 417 ha, udara yang bersih, kepadatan penduduk yang rendah, adanya air terjun alami serta persawahan yang sangat alami, serta dilengkapi sarana olahraga seperti lapangan golf, lapangan polo dan lain-lain.

  • Indikasi lain dari prospek usaha, dapat dilihat dari semakin banyaknya jumlah rata-rata pengunjung yang datang terutama  akibat  telah beroperasinya fasilitas terbaru yaitu Sentul International Convention Center yang banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan konser musik, konferensi, pameran, keagamaan dll, baik pada hari libur maupun weekend. Khusus pada hari-hari libur dan akhir pekan (weekend) juga terjadi peningkatan yang tinggi dalam 2 tahun terakhir. Jumlah pengunjung mingguan (weekenders) ke kawasan tercatat lebih dari 100.000 pengunjung, serta bertambahnya fasilitas dan wahana rekreasi liburan sehingga Kawasan Sentul City menjadi salah satu alternatif daerah tujuan wisata di Jadebotabek.

Selain itu Sentul City juga memberikan nilai tambah, bagi para penghuni yaitu:

  • Kondisi tanah yang berbukit memberikan nilai keindahan bagi penghuni dan suasana pegunungan yang alami memberikan rasa nyaman dan tenteram bagi penghuni.
  • Lokasi bebas polusi. Kualitas udara yang bersih merupakan salah satu kelebihan yang dinikmati oleh penghuni Sentul City.
  • Lokasi dengan ketinggian sampai dengan 500 m diatas permukaan laut memberikan jaminan bebas banjir yang dinikmati para penghuni.

Dari total area seluas 2.796,16 hektar yang telah dibebaskan oleh perseroan dari total 3.100 hektar ijin lokasi, sampai saat ini sudah dibangun 7.312 unit rumah, kavling di areal tahap I beserta sarana-sarana pendukung, yang secara keseluruhan menempati areal ± 800 ha. Dengan demikian masih tersedia land bank seluas ± 1.900 ha, yang dapat dibangun serta dikembangkan baik oleh Sentul City sendiri maupun oleh para investor untuk menciptakan  suatu lokasi yang tidak hanya sebagai tempat hunian tapi juga dapat dikembangkan untuk komersial area seperti mall, hotel, sentra bisnis, perkantoran, rumah sakit, sekolah, pusat pelatihan, dll.

Untuk tahap selanjutnya, Perseroan akan terus bekerja sama dengan investor pihak ketiga untuk membangun serta melengkapi kawasan Sentul City dengan berbagai sarana yang juga dapat menunjang industri pariwisata di Sentul City, yaitu:


  • Penyediaan fasilitas hotel berbintang, gedung serba guna dan lain-lain, sebagai tempat bagi tamu yang akan mengadakan seminar, workshop, lokakarya, dan lain-lain.
  • Penyediaan fasilitas rumah sakit, klinik, restoran, perumahan dan fasilitas mewah untuk orang lanjut usia, atau usaha laindengan memanfaatkan kelebihan suasana alam yang sangat indah dan nyaman, tempat-tempat tujuan wisata di Sentul City seperti air terjun, pemandian air panas, dan lain-lain.
  • Penyediaan fasilitas pusat pendidikan, pusat perkantoran, pusat pelatihan, pusat kegiatan sosial dan budaya.
  • Menambah fasilitas-fasilitas keagamaan di samping yang telah ada di Sentul City.


Info Sentul City :
Dwi Rejeki
021-9405 2906
0838 7279 4918




No comments:

Post a Comment